Buku

Jangan Takut Bicara Masa Depan: Sebuah Buku Tentang Pencarian Identitas, Mimpi, serta Bekal Pernikahan Bagi Muslimah

Terlahir menjadi perempuan terkadang membuat kita merasa hidup dalam keterbatasan. Merasa tidak dapat melakukan banyak aktivitas sepert layaknya laki-laki. Akhirnya , sebagian dari diri kita merasa insecure untuk melakukan hal-hal besar di dunia ini, bahkan merasa tak layak untuk bercita-cita tinggi. Aktivitas domestik yang suatu saat akan dilalui, tampaknya menjadi momok mengerikan bagi perempuan yang selalu berpikir bahwa aktivitas terbaik adalah tentang aktualisasi diri di ranah publik. Padahal, baik di ranah privat maupun publik, perempuan akan tetap tampak istimewa. Berdaster, memakai setelan rapi bak pekerja metropolitan pun, dirinya akan tetap menawan selama ia memahami betapa istimewa dirinya sebagai perempuan. Perempuan yang istimewa juga menyadari bahwa salah satu fase masa depan yang harus disiapkan adalah pernikahan. Cita-cita terbaiknya adalah memiliki pasangan hidup yang dapat membersamai, bukan hanya di dunia tapi juga di akhirat. Bersama-sama membangun keluarga yang bahagia sebagai investasi terbaik serta ladang amal yang tak terputus adalah impian hakiki yang harus diwujudkan dengan penuh kesadaran, bukan hanya oleh satu pihak tetapi keduanya. Jadi, pernikahan impian yang mendatangkan ketenangan dan ketenteraman harus diupayakan sedari awal dan dicita-citakan bersama. Buku ini menggabungkan beberapa tema yang dibutuhkan oleh para muslimah yang akan atau sedang mengalami quarter life crisis. Buku ini berisi 3 tema, mulai dari cara mengetahui hakikat diri dari bab my future identity, bersemangat meraih mimpi di bab my future dream,  dan membekali dirinya untuk menggapai pernikahan yang berkah dan bahagia di bab my future marriage.

Oleh Yulrachma

Allah Mengujimu dengan Cinta

Apa pun bentuknya, setiap cobaan dapat membuat dirimu hancur dan terpuruk dalam kesedihan. Segala musibah yang menimpamu dapat membuatmu putus asa dan kehilangan iman. Saat mendapatkan musibah kadang kamu merasa bahwa Allah itu kejam. Kamu merasa hidup ini tidak adil. Kamu merasa hidupmu tidak ada artinya lagi. Kamu seakan berada pada titik terendah dalam hidupmu. Namun sebenarnya musibah adalah ujian bagi orang-orang yang beriman. Ada yang dapat melalui ujiannya dengan baik, ada pula yang tidak mampu menghadapinya. Buku ini akan membantumu melewati masa-masa sulit saat menghadapi masalah hidup. In Syaa Allah, setelah membaca buku ini kamu akan memahami betapa Allah punya rencana-rencana besar di balik kesedihanmu.

Oleh A.K

Analisis Website Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Trenggalek Menggunakan Metode Pieces

Salah satu bentuk pelayanan informasi yang disediakan oleh pemerintah yaitu melalui website. Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Trenggalek merupakan salah satu instansi pemerintah yang memanfaatkan website. Website Diskominfo Kabupaten Trenggalek berfungsi sebagai sarana komunikasi serta penyebaran informasi kepada masyarakat luas. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis website Diskominfo Kabupaten Trenggalek menggunakan Metode PIECES. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif Deskriptif. Peneliti mendapatkan data dengan cara wawancara dan dokumentasi dengan informan terkait. Adapun enam indikator pada PIECES yaitu, performance, information, economic, control, efficiency, dan service. Hasil pengujian yang diperoleh setelah dilakukan analisis performance dengan menggunakan pingdom website test menunjukkan bahwa rata-rata page speed adalah 70%, yang setara dengan grade D. Pada indikator information website ini sudah sangat relevan, akurat, lengkap, dan dapat diandalkan. Pada indikator economic hadirnya website Diskominfo Kabupaten Trenggalek tidak memerlukan biaya yang mahal untuk mengakses informasi. Pada indikator control website ini aman untuk dikunjungi oleh khalayak. Pada indikator efficiency website ini lebih mengefisiensi waktu bagi masyarakat yang membutuhkan serta bagi staf pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Trenggalek sendiri. Pada indikator services website ini bisa menjadi media yang bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan layanan informasi kapan saja dan dimana saja.

Oleh Chintya Nurika Ayu Hapsari

Analisis User Interface Kabupaten Bantul Menggunakan Metode Heuristic Evaluation

Perkembangan teknologi informasi di seluruh dunia telah membuat kehidupan manusia menjadi semakin mudah. Sejak diciptakannya jaringan internet, proses penyampaian informasi menjadi lebih flexible, mudah dan cepat tanpa hambatan geografis. Website menjadi media populer untuk menyampaikan berbagai macam informasi lewat internet. Sebagai media untuk menyampaikan informasi website memiliki user interface yang berfungsi sebagai penghubung atau jembatan antara pengguna dan website. Website resmi Kabupaten Bantul merupakan salah satu media yang digunakan pemerintah Bantul untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat. Website Kabupaten Bantul memiliki aktivitas kunjungan pada perangkat desktop yang rendah dibandingkan dengan website kabupaten lain yang terletak di Kota Yogyakarta. Untuk mengidentifikasi permasalahan rendahnya kunjungan website Kabupaten Bantul pada perangkat desktop, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan melakukan analisis dengan metode heuristic evaluation yang memiliki 10 indikator yaitu, visibility of system status; match between system and real world; user control and freedom; consistency and standard; error prevention, recognition rather than recall; flexibility dan efficiency use; aesthetic and minimalist design; help user recognize, diagnose, and recovers from error; help and documentation. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat satu permasalahan yang ditemukan yaitu pada indikator error prevention, website kabupaten bantul belum memiliki fitur usulan otomatis pada jendela pencarian. Sehingga peneliti memberikan rekomendasi perbaikan, yaitu menambahkan fitur usulan otomatis pada jendela pencarian untuk mempermudah pengguna dalam proses pencarian informasi.

Oleh Otniel Imanen Wardhana

Komunikasi Pemasaran Akun @widya.analytic dalam Melakukan Promosi Produk Jasa Big data Analytic Melalui Instagram

Perkembangan teknologi saat inisangat pesatsalah satunya internet. Internet memberikan akses melalui jaringan dengan kemudahan yang diberikan.Kegiatan melalui jaringan internet adalah pemasaran menggunakan sosial mediainstagram. Instagram dengan segala kelebihan dapat membantu proses komunikasi pemasaran. Salah satu kegiatan komunikasi pemasaran adalah promosi. Menurut khotler dan armstrong bauran promosi adalah perpaduan khusus antara advertising, sales promotion, personal selling, public relation dan direct marketing untuk meningkatkan penjualan. Dalam menjalankan bauran tersebut melalui instagram dengan memanfaatkan fitur-fitur instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana “komunikasi pemasaran akun @widya.analytic dalam melakukan promosi produk jasa big data analytic melalui instagram”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, informan dalam peneltian ini adalah Human Resource Widya Analytic, Kepala Marketing, dan Konsumen Jasa Widya Analytic. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis interaktif dengan tahap : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber data. Komunikasi pemasaran dalam penelitian ini terdiri dari marketing mix yaitu advertising, sales promotion, personal selling, direct marketing, public relations. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran menggunakan sosial media instagram sudah sesuai dengan cara mempromosikannya seperti Widya Analytic dalam mengunggah setiap harikegiatan yang sedang mereka lakukan, paid promote, menggandeng brand ambassador, menjalankan seminar, penawaran khusus, dan memberikan konten video yang edukatif dan dapat menarik calon konsumen.

Oleh Ainun Zunairoh Maulinda

Berita Terbaru