Dunia Hospitality di Indonesia khususnya Pulau Lombok terus berkembang. Hal ini dikarenakan banyaknya wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Pulau Lombok. Permintaan akan hunian sementara atau hotel ikut naik diiringi dengan penambahan wisatawan, namun pandemi COVID-19 membuat angka wisatawan tidak tetap atau naik turun. Hotel memerlukan strategi untuk bertahan dalam situasi ini. Salah satu strategi untuk menjaga jumlah hunian suatu hotel adalah dengn citra. Citra memiliki peran penting dalam kegiatan operasional hotel sehingga perlu dijaga dan dikembangkan. Salah satu hotel ternama di Pulau Lombok adalah Hotel Lombok Astoria dengan bintang empat. Hotel Lombok Astoria memiliki motto When Hospitality Blend With Business and Leisure, motto ini merupakan pedoman hotel untuk mencapai dan menjaga citra yang diinginkan. Sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan oleh Hotel Lombok Astoria dalam menjaga citra. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Hotel Lombok Astoria memiliki strategi komunikasi yang efektif dalam menjaga citra. Strategi yang disusun telah memiliki unsur penting dalam strategi komunikasi menurut Cutlip, yaitu credibility, context, content, clarity, continuenity and consistency, channels, dan capability of audience.
Oleh Elisabeth Avelia Poereta