Buku

Strategi Komunikasi Hotel Lombok Astoria dalam Mempertahankan Citra

Dunia Hospitality di Indonesia khususnya Pulau Lombok terus berkembang. Hal ini dikarenakan banyaknya wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Pulau Lombok. Permintaan akan hunian sementara atau hotel ikut naik diiringi dengan penambahan wisatawan, namun pandemi COVID-19 membuat angka wisatawan tidak tetap atau naik turun. Hotel memerlukan strategi untuk bertahan dalam situasi ini. Salah satu strategi untuk menjaga jumlah hunian suatu hotel adalah dengn citra. Citra memiliki peran penting dalam kegiatan operasional hotel sehingga perlu dijaga dan dikembangkan. Salah satu hotel ternama di Pulau Lombok adalah Hotel Lombok Astoria dengan bintang empat. Hotel Lombok Astoria memiliki motto When Hospitality Blend With Business and Leisure, motto ini merupakan pedoman hotel untuk mencapai dan menjaga citra yang diinginkan. Sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan oleh Hotel Lombok Astoria dalam menjaga citra. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Hotel Lombok Astoria memiliki strategi komunikasi yang efektif dalam menjaga citra. Strategi yang disusun telah memiliki unsur penting dalam strategi komunikasi menurut Cutlip, yaitu credibility, context, content, clarity, continuenity and consistency, channels, dan capability of audience.

Oleh Elisabeth Avelia Poereta

Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Acuan Kreatif Melalui Instagram (Studi Kasus Komunikasi Pemasaran Pada Akun @acuankreatif

Di era pandemi COVID-19 hampir sebagian besar kegiatan tatap muka berubah menjadi kegiatan daring, hal ini membuat masyarakat menjadi lebih terbiasa dengan penggunaan teknologi terutama media sosial untuk berkomunikasi dan mencari hiburan. Banyak pelaku usaha yang menyadari peluang ini untuk memaksimalkan media sosialnya untuk membangun komunikasi yang baik dengan menyebarkan informasi dan juga mengiklankan produknya. PT. Acuan Kreatif merupakan agensi kreatif digital konsultan yang berfokus menyebarkan serta menjaring konsumen melalui media sosial Instagram dengan memanfaatkan strategi komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawanara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Acuan Kreatif menggunakan teori SOSTAC (Situation Analysist, Objetive, Strategy, Tactic, Action, Control). Dari strategi komunikasi pemasaran tersebut, didapatkan hasil penelitian bahwasanya PT. Acuan Kreatif memanfaatkan media Instagram melalui akun @acuankreatif dengan memanfaatkan berbagai fitur seperti feeds, stories, polling, dan question box untuk memasarkan dan juga menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan.

Oleh Fitria Puji Lestari

Implementasi Strategi Komunikasi Pemasaran “Vert Terre” dalam Membangun Kesadaran Gaya Hidup Eco Friendly di Instagram

Sampah yang ada di Indonesia akan terus meningkat setiap tahunnya, terlebih lagi Indonesia memiliki penanganan sampah yang masih kurang baik dibandingkan dengan negara-negara maju. Salah satu cara adalah dengan meminimalisiasi sampah dan memberdayakannya dengan memahami gaya hidup eco friendly. “Vert Terre” sebagai pelaku bisnis yang memiliki misi untuk menyebarkan gaya hidup eco friendly, membuat strategi komunikasi pemasaran untuk mewujudkan misi tersebut. Berdasarkan latar belakang, muncul tujuan penelitian untuk meneliti bagaimana implementasi strategi komunikasi pemasaran “Vert Terre” dalam meningkatkan gaya hidup eco friendly di Instagram. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan teori social media marketing oleh Gunelius yang mencakup empat elemen penentu keberhasilan social media marketing yaitu content sharing, content creator, connecting dan community building. Implementasi strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan “Vert Terre” telah sesuai rencana, tepat menuju target sasaran yaitu untuk membangun kesadaran terhadap gaya hidup eco friendly, dengan kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan “Vert Terre” di Instagram. Melalui strategi komunikasi pemasaran yang dijalankan “Vert Terre” di Instagram, terlihat hasil yang menunjukkan bahwa audiens “Vert Terre” dapat ikut menerapkan gaya hidup tersebut dengan memberikan respon positif

Oleh Aurellia Citra Maharani

Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kesehatan Pada Pendengar Program Siaran Dokter Kita di Radio Giri Swara

Radio Giri Swara Wonogiri merupakan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonogiri. “Dokter Kita” merupakan salah satu program siaran khusus yang dibuat untuk mengedukasi masyarakat mengenai isu kesehatan yang saat ini sedang diperbincangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemenuhan kebutuhan informasi kesehatan para pendengar program siaran “Dokter Kita” pada Radio Giri Swara Wonogiri. Teori yang menjadi landasan adalah 5 kebutuhan informasi yang dijabarkan pada teori Use and Gratification. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa program siaran “Dokter Kita” telah memenuhi kebutuhan informasi pendengar. Siaran tersebut memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat untuk menambah pengetahuan mengenai kesehatan, memberikan rasa aman dan kesenangan, memberikan pemahaman mengenai kesehatan dalam diri pendengar, memberikan informasi yang berguna untuk bersosialisasi dengan orang di sekitar, serta didengarkan pada saat sedang beraktivitas maupun media hiburan.

Oleh Jogi Dhimas Anditya

Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Pemasaran Online PT. Justatrip Sahabat Perjalanan

Kemudahan dalam menyebarluaskan informasi mengenai produk yang ditawarkan dapat memengaruhi persaingan ekonomi dalam bidang bisnis. Perusahaan harus melakukan pemasaran yang tepat agar dapat bertahan dan bersaing dengan kompetitornya. Instagram adalah salah satu media sosial yang dapat dimanfaatkan perusahaan untuk memasarkan produk dengan membagikan foto dan video, seperti yang dilakukan PT. Justatrip Sahabat Perjalanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Instagram sebagai media pemasaran online PT. Justatrip Sahabat Perjalanan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan teori Marketing Mix (7P) oleh Kotler dan Armstrong (2016), yaitu: product, price, place, promotion, physical evidence, people, dan process. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pemanfaatan Instagram sebagai media pemasaran online dengan menerapkan tujuh unsur marketing mix dapat menghasilkan umpan balik yang positif dan meningkatkan insight pada akun Instagram @just_atrip.

Oleh Yasmin Khalisa Putri

Berita Terbaru