Buku

Selayang Pandang Lampung Barat "Kampoeng Kopi"

Agrowisata Kampoeng Kopi Pekon Rigis Jaya Kabupaten Lampung Barat merupakan lokasi pariwisata sebagai sarana edukasi bagi pengelolaan kopi mulai dari proses pembibitan hingga proses siap konsumsi. Peran penting Pemerintah dalam bidang kepariwisataan di dasarkan pemikiran birokrasi memiliki kekuasaan untuk memutuskan segala hal berkaitan dengan kelangsungan hidup masyarakat. Buku ini berusaha menemukan titik kompromi antara pemerintah sebagai pembuat kebijakan, akademisi sebagai transfer pengetahuan dan masyarakat sebagai kekuatan sosial, pengusaha sebagai kekuatan mekanisme pasar serta media sebagai alat promosi. Sinergitas aktor pentahelix dalam pengembangan agrowisata Kampoeng Kopi merupakan keselarasan sistem dan hubungan antar aktor Pentahelix bagi pembangunan Agrowisata Kampoeng Kopi Rigis Jaya.//ir

Oleh Dian Kagungan

Komunikasi Organisasi

Mengapa komunikasi perlu dikaji dalam suatu organisasi? Dalam realitasnya persoalan komunikasi selalu muncul dalam proses organisasi. Komunikasi dalam organisasi selain ikut andil membangun iklim organisasi dan budaya organisasi, juga acapkali menjadi pemicu konflik internal disebabkan kesalahpahaman dalam memahami dan menafsirkan pesan yang diterimanya. Jika ini dipahami oleh pengelola organisasi maka perbedaan-perbedaan individu dan ketidakmengertian (mis understanding) dalam organisasi bias diperkecil dan dikurangi yang pada akhirnya konflik bisa dihindari. Buku ajar ini berbicara tentang komunkasi organisasi dalam perspektif teori dan praktek. Mulai dari pemahaman komunikasi organisasi beberapa teori organisasi, dan implikasi kiomunikasi, memahami manusia dan motivasi dalam organisasi, kepemimpinan dalam organisasi serta memahami konflik dan manajemen konflik dalam organisasi. //ir

Oleh Pramelani

Pemberdayaan Masyarakat Menuju Masyarakat Cerdas

Pemberdayaan Masyarakat (community empowerment) adalah upaya pengembangan masyarakat melalui penciptaan kondisi yang memungkinkan masyarakat mampu membangun diri dan lingkungannya secara mandiri melalui pemberian sumber daya, kesempatan dalam pengambilan keputusan, serta peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat. Peran strategis dari program pemberdayaan masyarakat adalah meningkatkan keberdayaan masyarakat melalui penguatan lembaga dan organisasi masyarakat setempat, penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial masyarakat, peningkatan keswadayaan masyarakat luas guna membantu masyarakat untuk meningkatkan kehidupan ekonomi, sosial dan politik. Buku ini membahas tentang prinsip-prinsip Pemberdayaan Masyarakat di Indonesia, yang ditinjau dari pendekatan teori, regulasi dan praktik. Buku ini memberikan pemahaman yang baik dalam kebijakan Pemberdayaan Masyarakat yang penerapannya di Indonesia sebagai upaya menuju masyarakat cerdas. //ir

Oleh Tambunan, Toman Sony

Organizational Communication Studi Pengantar : Komunikasi Organisasi

Komunikasi organisasi menjadi sangat vital dalam sebuah organisasi itu sendiri, disebabkan karena peran dan fungsinya sebagai penyampaian informasi yang sama-sama diperlukan antara komunikator dengan komunikan. Topik-topik yang dibahas dalam buku ini meliputi kerangka dasar perilaku keorganisasian, dinamika perilaku individu, dinamika perilaku kelompok, sistem organisasi, dan dinamika organisasi. Dengan mempelajari buku ini diharap mampu menjelaskan dan menganalisis berbagai perilaku individu dan kelompok dalam organisasi serta dapat menerapkannya dalam menunjang aktivitas organisasi. //ir

Oleh Keriyono, dkk

Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis

Buku ini membahas tetang kewirausahaan dan manajemen bisnis. Pengajaran kewirausahaan dapat menjadi salah satu upaya pengembangan usaha baru melalui dunia pendidikan. Terdapat berbagai pendekatan di dalam pengajaran kewirausahaan, sehingga perlu dilakukan kajian mengenai pendekatan manakah yang paling efektif dalam mengajarkan kewirausahaan. Dalam kajian manajemen bisnis ditemukan pengaruh positif intellectual capital terhadap kinerja keuangan dan return saham, namun human capital dan structural capital tidak berpengaruh langsung terhadap nilai perusahaan. Selain itu, kinerja lingkungan, pengungkapan lingkungan dan profitabilitas juga berpengaruh signifikan terhadap return saham. Dalam aspek kepemimpinan, kepemimpinan transformational dan Proactive Personality ditemukan berpengaruh terhadap Employee Creativity. Dalam aspek marketing ditemukan kepercayaan, keahlian, daya tarik, rasa hormat, dan disukai memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Informasi konten, konten hiburan, dan ekspresi diri juga berpengaruh positif terhadap niat pembelian. Selain itu situs e-commerce, pengalaman pelanggan, dan reputasi ditemukan pengaruh positif terhadap kualitas layanan yang dipersepsikan. //ir

Oleh Desyanti, dkk

Berita Terbaru