Buku

Manajemen Produksi

Manajemen Produksi adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan dan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produk akhir yang dihasilkan dalam proses produksi. Manajemen produksi adalah salah satu cabang manajemen yang kegiatannya mengatur agar dapat menciptakan dan menambah kegunaan suatu barang dan jasa. Untuk mengatur kegiatan ini, perlu dibuat keputusan-keputusan yang berhubungan dengan usaha-usaha untuk mencapai tujuan agar barang dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan apa yang direncanakan. Dengan demikian, manajemen produksi menyangkut pengambilan keputusan yang berhubungan dengan proses produksi untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan. Manajemen produksi adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian kegiatan fungsi produksi. Tujuan dari manajemen produksi adalah 'untuk menghasilkan layanan barang dengan kualitas dan kuantitas yang tepat pada waktu dan biaya produksi yang tepat'. Pengetahuan tentang manajemen produksi tentunya sangat diperlukan oleh semua pihak yang berkecimpung di dunia bisnis. Oleh sebab itu, buku ini sangat cocok bagi mereka yang ingin mempelajari tentang manajemen produksi. Melalui buku ini Anda dapat memperoleh informasi lengkap tentang manajemen produksi, mulai dari pengertian, fungsi, aspek hingga ruang lingkupnya. //ir

Oleh Daryanto

Buku Sakti Berbicara

Berkomunikasi adalah cara kita untuk menyampaikan sesuatu yang ingin kita utarakan, Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain. Akan tetapi, komunikasi hanya akan efektif apabila pesan yang disampaikan dapat ditafsirkan sama oleh penerima pesan tersebut. Hal-hal tersebut hanya dapat terjadi apabila kita menyampaikan pesan dengan baik. Bagi sebagian orang, public speaking dianggap sebagai suatu hal yang menakutkan layaknya menghadapi soal-soal ujian. Padahal, menguasai public speaking adalah sebuah keharusan. Kemampuan public speaking akan membuka jalan untuk mencapai kesuksesan dalam berbagai kesempatan. Sebab, menguasai public speaking memiliki beberapa kegunaan, diantaranya menyampaikan ide atau gagasan secara sistematis dan runtut, mempengaruhi massa dan lawan bicara, menyampaikan dan mempertahankan pendapat, memimpin jalannya diskusi, serta sebagai sarana pengembangan diri. Banyak tips menarik dalam buku ini yang bisa dipelajari agar berbicara di depan umum menjadi hal yang tak lagi harus dihindari. Bagaimana memecah kebekuan dan membangun relasi? Jurus jitunya juga tersaji dalam buku ini. Karena keberanian tampil di depan umum saja tidak cukup, Anda perlu strategi dan mempersiapkan diri. //ir

Oleh Heny Sulistiyani

Dialektika Digital : Kolaborasi dan Kompetisi Antara Media Massa dan Platform Digital

Dialektika Digital: Kolaborasi dan Kompetisi Antara Media Massa dan Platform Digital memotret keadaan faktual hubungan penerbit (media massa cetak, radio, televisi, dan media siber) dengan platform digital (media sosial, mesin pencari, agregator, situs e-commerce, dan lain-lain). Kedua belah pihak berkolaborasi dalam mewujudkan mode baru bermedia, berkomunikasi, dan berpariwara secara lebih efektif, tetapi sekaligus bersaing keras dalam memperebutkan khalayak, kue iklan, dan pengaruh sosial politik. Transformasi digital adalah sebuah keniscayaan bagi semua pengelola media konvensional. Menolaknya sama sekali tidaklah realistis. Demikian juga, menggunakan berbagai teknologi, perangkat, dan aplikasi penunjang yang disediakan platform digital adalah hal yang sulit dihindari. Namun transformasi itu-juga adopsi atas berbagai teknologi distribusi konten dan periklanan-membuat banyak media semakin kehilangan kemandirian dan kekuatan untuk menjangkau khalayak. Transformasi digital memberikan banyak pilihan dan kemungkinan baru, namun sekaligus menghasilkan kemerosotan dan ketertinggalan. Platform digital bukan sekadar perantara pendistribusian konten, melainkan juga menciptakan ekosistem yang membuat pendistribusian konten itu-mau tak mau-mesti mengikuti aturan main yang diciptakan sendiri. Kolaborasi sekaligus kompetisi yang terjadi antara penerbit dan platform digital masih akan terus terjadi serta menentukan masa depan industri media massa dan iklim kebebasan pers secara keseluruhan. //ir

Oleh Agus Sudibyo

Menjadi Kreator Konten di Era Digital

Di era digital, semakin banyak orang melek internet dan teknologi. Mereka tidak hanya menjadi penikmat konten, tetapi juga menjadi kreator konten itu sendiri. Video, foto, tulisan, infografis, dan beragam konten lainnya, mereka buat untuk dipublikasikan dalam bentuk digital. Lalu, muncul istilah bloger, selebgram, influencer, youtuber, vlogger, copywriter, dan profesi lainnya yang berhubungan dengan pembuatan konten. Bagaimana menjadi kreator konten? Jenis konten apa saja yang banyak dilihat orang? Bagaimana tips menghasilkan tulisan, foto, dan video yang bagus? Buku ini meringkas segala sesuatu yang perlu diketahui dan dilakukan untuk membuat konten yang menarik dan disukai banyak orang. Materi-materi yang dibahas dalam buku ini antara lain: Studio Foto dan Video di Rumah Sendiri;  Mempersiapkan Konten;Tips Membuat Infografik; Menciptakan Konten di Pedesaan; Dengan membaca buku ini, kamu telah berada di langkah pertama menjadi seorang kreator konten. Review Produk dengan Rumus AIDA; dll. //ir

Oleh Lathifah Edib

Pengantar Ilmu Komunikasi Sejarah, Hakikat, dan Proses

Komunikasi telah menjadi bagian sangat penting dari kehidupan manusia, seperti halnya bernapas. Sepanjang manusia hidup, maka ia butuh berkomunikasi. Terlebih, perkembangan teknologi yang demikian pesat saat ini, membuat komunikasi menjadi tanpa batas, tanpa sekat, dan semua orang bisa terlibat di dalamnya. Maka, memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan efektif pun menjadi sebuah kebutuhan. Begitu pentingnya, sehingga komunikasi menjadi disiplin ilmu sendiri dan dikaji oleh banyak orang. Ada berbagai hal yang dibicarakan dalam ilmu komunikasi, namun dalam buku ini, penulis hanya menghadirkan materi-materi awal sebagai pengantar mempelajari ilmu komunikasi lebih mendalam. Materi-materi yang dipaparkan dalam buku ini meliputi: Mengapa Manusia Perlu Berkomunikasi?; Sejarah dan Perkembangan Ilmu Komunikasi; Teori-teori Dasar Komunikasi; Prinsip-prinsip Komunikasi; Proses Komunikasi; Model-Model Komunikasi. //ir

Oleh Edward Ariyanto

Berita Terbaru