Pemanfaatan endorsement melalui sosial media adalah salah satu kegiatan digital marketing dengan menggunakan tokoh terkenal seperti infulencer, food blogger, dan lain-lain yang fungsinya sebagai alat penunjang ketertarikan dan untuk masyarakat dengan produk atau jasa pada media sosial yang mereka gunakan. Semakin ketatnya persaingan dalam perdagangan saat ini banyak yang lebih memilih menggunakan media sosial untuk kegiatan pemasaran karena lebih efektif dalam mempromosikan brand salah satunya dengan melakukan endorsement, Maka dari itu kekuatan endorsement mempunyai kelebihan sehingga memberikan tingkat kesadaran konsumen. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pemanfaatan endorsement untuk meningkatkan brand awareness pada akun Instagram @rumahngopicibinong. Peneliti menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Teori karakteristik komunikasi celebrity endorser yang disampaikan melalui VisCap model (Visibility, Credibility, Attraction, dan Power). Dari pelaksanaan pemanfaatan endorsement pada instagram Rumah Ngopi Cibinong sudah menerapkan 4 karakteristik celebrity endorser yaitu visibility, credibility, attraction, power. Dalam nilai karakteristik komunikasi tersebut visibility memiliki nilai paling besar terhadap peningkatan brand awareness pada akun instagram @rumahngopicibinong. Brand awareness pada Rumah Ngopi Cibinong berada pada tingkatan brand recognition karena masih terus ada melakukan pemanfaatan endorsement dengan melakukan bantuan dari seorang endorser, Hasil penelitian ini membuktikan dengan adanya karakterisitik komunikasi celebrity endorser dalam melakukan endorsement yang dapat meningkatkan brand awareness pada media sosial instagram Rumah Ngopi Cibinong.
Oleh Annisa Gardi Kusuma