Buku

Pembuatan Aplikasi Explore Purworejo Berbasis Android Sebagai Media Untuk Memperkenalkan Objek Wisata Kabupaten Purworejo

Skripsi ini berjudul Pembuatan Aplikasi Explore Purworejo Berbasis Android Sebagai Media Untuk Memperkenalkan Objek Wisata Kabupaten Purworejo. Purworejo merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang diandalkan oleh Kabupaten Purworejo. Dengan perkembangan smartphone yang pesat, peneliti membangun sebuah aplikasi berbasis android untuk mengembangkan aplikasi yang dapat memperkenalkan objek wisata Kabupaten Purworejo. Aplikasi yang dibangun diberi nama Explore Purworejo. Aplikasi dikembangkan dengan Android Studio menggunakan bahasa pemrograman java. Pengembangan aplikasi menggunakan metode prototype. Pengujian aplikasi menggunakan metode black box testing dan User Acceptance Test (UAT). Aplikasi yang dikembangkan dapat membantu pengguna menemukan dan memperkenalkan objek wisata yang ada di Kabupaten Purworejo.

Oleh Kharisma Fajar Rahma Aji

Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara dalam Meningkatkan Brand Awareness Wisata Jembatan Khayangan

Wisata Jembatan Khayangan adalah salah satu wisata di Banjarnegara yang terhampar di sepanjang wisata Kawah Sikidang Dieng dan baru diresmikan pada awal tahun 2020. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara melakukan banyak usaha untuk meningkatkan brand awareness wisata Jembatan Khayangan ini sehingga bisa dikenal masyarakat secara luas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi apa saja yang digunakan untuk meningkatkan brand awareness wisata Jembatan Khayangan itu tadi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan teori berdasarkan pada teori bauran komunikasi pemasaran yang dikemukakan oleh Kotler dan Keller yaitu Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Public Relations, Direct Marketing, Internet Marketing, Corporate Identity, Sponsorship Marketing, Event Marketing dan Word Of Mouth. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara telah menerapkan teori bauran komunikasi pemasaran dalam perancangan strategi komunikai mereka untuk mempromosikan wisata Jembatan Khayangan ke masyarakat luas dan hal ini menimbulkan peningkatan brand awareness yang baik.

Oleh Eyesa Fatwa Maalhaqiya

Strategi Komunikasi Pemasaran Saruga Packege Free Shopping Store dalam Meningkatkan Brand Equity

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sampah yang terjadi di Indonesia, hingga muncul salah satu solusi yakni toko curah dengan konsep zero waste yang biasa dikenal dengan bulk store. Tersedianya beberapa bulk store yang terdapat di Jakarta memicu persaingan bisnis sehingga Saruga perlu mengoptimalkan peluang yang tersedia untuk dapat menetapkan strategi komunikasi pemasaraan yang efektif sehingga mampu memperkuat identitasnya (merek). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas-aktivitas yang dilakukan Saruga dalam upaya meningkatkan brand equity. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Saruga adalah periklanan, promosi penjualan, acara dan hubungan masyarakat, word of mouth, dan kemasan. Serangkaian aktivitas yang menggunakan bauran promosi memberikan exposure pada produk, layanan, dan program promosi sehingga khalayak baik itu konsumen potensial maupun konsumen tetap aware dengan keberadaan Saruga. Hal ini memberikan peningkatan dalam hal kekuatan brand dari Saruga.

Oleh Elmira Triyusra Wafda

Pemanfaatan Endorsement Sebagai Brand Awareness Pada Instagram Rumah Ngopi Cibinong

Pemanfaatan endorsement melalui sosial media adalah salah satu kegiatan digital marketing dengan menggunakan tokoh terkenal seperti infulencer, food blogger, dan lain-lain yang fungsinya sebagai alat penunjang ketertarikan dan untuk masyarakat dengan produk atau jasa pada media sosial yang mereka gunakan. Semakin ketatnya persaingan dalam perdagangan saat ini banyak yang lebih memilih menggunakan media sosial untuk kegiatan pemasaran karena lebih efektif dalam mempromosikan brand salah satunya dengan melakukan endorsement, Maka dari itu kekuatan endorsement mempunyai kelebihan sehingga memberikan tingkat kesadaran konsumen. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pemanfaatan endorsement untuk meningkatkan brand awareness pada akun Instagram @rumahngopicibinong. Peneliti menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Teori karakteristik komunikasi celebrity endorser yang disampaikan melalui VisCap model (Visibility, Credibility, Attraction, dan Power). Dari pelaksanaan pemanfaatan endorsement pada instagram Rumah Ngopi Cibinong sudah menerapkan 4 karakteristik celebrity endorser yaitu visibility, credibility, attraction, power. Dalam nilai karakteristik komunikasi tersebut visibility memiliki nilai paling besar terhadap peningkatan brand awareness pada akun instagram @rumahngopicibinong. Brand awareness pada Rumah Ngopi Cibinong berada pada tingkatan brand recognition karena masih terus ada melakukan pemanfaatan endorsement dengan melakukan bantuan dari seorang endorser, Hasil penelitian ini membuktikan dengan adanya karakterisitik komunikasi celebrity endorser dalam melakukan endorsement yang dapat meningkatkan brand awareness pada media sosial instagram Rumah Ngopi Cibinong.

Oleh Annisa Gardi Kusuma

Strategi Media Relations Humas Sekretariat DPRD DIY dalam Membangun Citra Positif Melalui Program Acara Obrolan Pagi di RBTV

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh humas yang memiliki peran penting dalam publikasi kegiatan suatu instansi. Kegiatan dari instansi yang tidak dipublikasikan akan menimbulkan kecurigaan negatif dari masyarakat. Hal ini mendorong praktisi humas untuk menerapkan strategi media relations agar publikasi dapat dilaksanakan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan strategi media relations humas sekretariat DPRD DIY dalam membangun citra positif melalui program acara Obrolan Pagi RBTV. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan datanya yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi media relations melalui program Obrolan Pagi telah menerapkan hubungan personal yang baik dengan pihak media (RBTV), memberikan pelayanan kepada media dan menyediakan bahan informasi yang akurat serta telah memberikan fasilitas pendukung dan verifikasi media yang dapat membangun citra positif Kantor DPRD DIY.

Oleh Hanandita Putri Tyassuci

Berita Terbaru