Beberapa orang dalam organisasi harus melakukan ‘kerjasama’ untuk mencapai tujuan organisasi. Oleh sebab itu, agar kerjasama mereka di dalam organisasi berlangsung efektif dan rasional (terukur), maka organisasi tersebut memerlukan manajemen dan menerapkan fungsi-fungsi manajemen. Hal tersebut dimaksudkan bahwa ‘kerjasama’ yang akan dilakukan dalam organisasi harus: 1) direncanakan (to be planned), 2) diorganisir (to be organized), 3) diarahkan (to be directed/actuated), dan 4) diawasi (to be controlled). Buku ini membahas: 1) fungsi-fungsi manajemen; 2) manajemen kinerja dan 30 manajemen mutu terpadu. Agar ketiga dimensi manajemen tersebut dapat dengan mudah diimplementasikan ke dalam empat dimensi organisasi, maka penulis juga melengkapi muatan buku ini dengan menggambarkan: 1) struktur organisasi, 2) perilaku organisasi, 3) perubahan pertumbuhan organisasi, dan 4) budaya organisasi. Untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswa dan peneliti, buku ini dilengkapi dengan bab yang khusus membahas: 1) teori-teori organisasi, 2) kesamaan dan perbedaan organisasi, asosiasi, dan Lembaga, dan 3) metode riset organisasi.//yn
Oleh Syamsir Torang