Komunikasi memberi informasi, membentuk citra, mempersuasi, dan mendidik masyarakat melalui program-program yang dirancang dengan baik untuk memenuhi kebutuhan khalayak dan keinginan pemasar. Aspek-aspek tentang kebutuhan khalayak, strategi menyusun pesan, memilih media, menyebarluaskan dan mendekati target sasaran dikemas dalam kajian Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Buku ini membantu para…
Buku ini telah menjadi acuan para mahasiswa dari berbagai pendidikan Ilmu Komunikasi dan juga pendidikan Ilmu Sosial di Indonesia. Ulasannya fokus, ringkas dengan bahasa yang ringan sehingga mudah dimengerti. Dalam buku ini, komunikasi digambarkan sebagai suatu kebutuhan yang mutlak dalam kehidupan manusia. Melalui komunikasi yang baik akan memudahkan seseorang untuk mendapatkan sahabat, mitra …
Buku Cara Kreatif Memproduksi Program Televisi ini menjabarkan persaingan dalam kreativitas program televisi dengan potensi sumber daya manusia yang kreatif, kemajuan teknologi, serta kesadaran pada pentingnya auragenik hingga komodifikasi media televisi. Industri televisi telah menjadi bisnis yang sangat penting dan dominan bagi pemasang iklan. Kondisi tersebut memicu kemunculan stasiun televi…
Buku ini memberikan pemahaman kepada pembaca tentang pentingnya menjunjung tinggi objektivitas media demi tercapainya media yang kreadibel. Media massa tidak terlepas dari objektivitas. Dimensi objektivitas pemberitaan media meliput factuality dan impartiality. Dimensi ini cenderung ditinggalkan di masa kini. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal yakni, keberlangsungan media itu sendi…
Buku ini hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat, terutama dalam industrikreatif tentang sebuah pengantar ilmu dasar perencanaan dan pembuatan film animasi. Prinsip-prinsip dasar pembuatan animasi sendiri sebenarnya cukup banyak, kurang lebih ada 12 teknis dalam pembuatan animasi memang harus dimiliki oleh seorang animator. Selain itu animator juga harus memiliki feeling yang kuat mengenai ti…
Buku Teknik Produksi Program Radio Siaran ini membahas mengenai Pengenalan medium dan program Radio Siaran. Materi dalam buku ini terbagi menjadi empat bab pembahasan. Sejarah, perkembangan dan pengertian tentang radio siaran membahas mengenai Sejarah Radio Siaran (Broadcastng Radio) dan Fungsi Radio Siaran dalam Mengembangkan Kebudayaan manusia, Radio Siaran sebagai medium komunikasi, akan di …
Disrupsi menjadi kata yang populer dalam Revolusi Industri 4.0. Perkembangan teknologi siber telah memberikan tantangan baru bagi etika komunikasi, baik secara teori maupun praktik. Tantangan dan jawaban tentang persoalan ini semakin mengemuka dalam masyarakat pluralistis. Buku ini beranjak dari beragam pertanyaan tentang persoalan etika komunikasi di era siber yang disajikan secara runtut. Dia…
Konten siaran TV Indonesia hingga hari ini kerap kali jadi pembicaraan ramai. Baik itu soal konten maupun strategi pengemasannya yang bermacam-macam. Belakangan, bahkan ketika TV dirasa mulai sepi peminat, kehebohan perihal kualitas programnya justru kembali muncul dan memicu silang pendapat yang tiada habisnya. Sudah banyak buku-buku penelitian serius yang membahas bagaimana industri TV berjal…
Memasuki Abad Ke-21 media mengalami perubahan drastis. Kapitalisme dan industrialisasi membuat media berkembang masif, menjadi bagian kehidupan sehari-hari, sampai menembus ranah pribadi. Fenomena itu membutuhkan wawasan dan pendekatan baru dalam kajian media. Literasi Media merespons perkembangan itu dengan cemerlang. Dari menjelajahi sejarah, perkembangan, konteks ekonomi-politik-sosial media…
Buku ini memiliki dua keunggulan sekaligus: mampu memetakan secara tpat berbagai persoalan estetika dan dapat menempatkan teori estetika yang sering dipandang melangit ke wilayah praktis berkesenian maupun berkebudayaan secara luas. Selain itu, peran estetika sebagai kajian multidisiplin juga ditunjukkan, yaitu keterkaitannya dengan filsafat, psikologi, semiotika, sosiologi, antropologi, kajian…