Buku

Analisis Website Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Trenggalek Menggunakan Metode Pieces

Salah satu bentuk pelayanan informasi yang disediakan oleh pemerintah yaitu melalui website. Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Trenggalek merupakan salah satu instansi pemerintah yang memanfaatkan website. Website Diskominfo Kabupaten Trenggalek berfungsi sebagai sarana komunikasi serta penyebaran informasi kepada masyarakat luas. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis website Diskominfo Kabupaten Trenggalek menggunakan Metode PIECES. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif Deskriptif. Peneliti mendapatkan data dengan cara wawancara dan dokumentasi dengan informan terkait. Adapun enam indikator pada PIECES yaitu, performance, information, economic, control, efficiency, dan service. Hasil pengujian yang diperoleh setelah dilakukan analisis performance dengan menggunakan pingdom website test menunjukkan bahwa rata-rata page speed adalah 70%, yang setara dengan grade D. Pada indikator information website ini sudah sangat relevan, akurat, lengkap, dan dapat diandalkan. Pada indikator economic hadirnya website Diskominfo Kabupaten Trenggalek tidak memerlukan biaya yang mahal untuk mengakses informasi. Pada indikator control website ini aman untuk dikunjungi oleh khalayak. Pada indikator efficiency website ini lebih mengefisiensi waktu bagi masyarakat yang membutuhkan serta bagi staf pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Trenggalek sendiri. Pada indikator services website ini bisa menjadi media yang bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan layanan informasi kapan saja dan dimana saja.

Oleh Chintya Nurika Ayu Hapsari

Analisis User Interface Kabupaten Bantul Menggunakan Metode Heuristic Evaluation

Perkembangan teknologi informasi di seluruh dunia telah membuat kehidupan manusia menjadi semakin mudah. Sejak diciptakannya jaringan internet, proses penyampaian informasi menjadi lebih flexible, mudah dan cepat tanpa hambatan geografis. Website menjadi media populer untuk menyampaikan berbagai macam informasi lewat internet. Sebagai media untuk menyampaikan informasi website memiliki user interface yang berfungsi sebagai penghubung atau jembatan antara pengguna dan website. Website resmi Kabupaten Bantul merupakan salah satu media yang digunakan pemerintah Bantul untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat. Website Kabupaten Bantul memiliki aktivitas kunjungan pada perangkat desktop yang rendah dibandingkan dengan website kabupaten lain yang terletak di Kota Yogyakarta. Untuk mengidentifikasi permasalahan rendahnya kunjungan website Kabupaten Bantul pada perangkat desktop, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan melakukan analisis dengan metode heuristic evaluation yang memiliki 10 indikator yaitu, visibility of system status; match between system and real world; user control and freedom; consistency and standard; error prevention, recognition rather than recall; flexibility dan efficiency use; aesthetic and minimalist design; help user recognize, diagnose, and recovers from error; help and documentation. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat satu permasalahan yang ditemukan yaitu pada indikator error prevention, website kabupaten bantul belum memiliki fitur usulan otomatis pada jendela pencarian. Sehingga peneliti memberikan rekomendasi perbaikan, yaitu menambahkan fitur usulan otomatis pada jendela pencarian untuk mempermudah pengguna dalam proses pencarian informasi.

Oleh Otniel Imanen Wardhana

Komunikasi Pemasaran Akun @widya.analytic dalam Melakukan Promosi Produk Jasa Big data Analytic Melalui Instagram

Perkembangan teknologi saat inisangat pesatsalah satunya internet. Internet memberikan akses melalui jaringan dengan kemudahan yang diberikan.Kegiatan melalui jaringan internet adalah pemasaran menggunakan sosial mediainstagram. Instagram dengan segala kelebihan dapat membantu proses komunikasi pemasaran. Salah satu kegiatan komunikasi pemasaran adalah promosi. Menurut khotler dan armstrong bauran promosi adalah perpaduan khusus antara advertising, sales promotion, personal selling, public relation dan direct marketing untuk meningkatkan penjualan. Dalam menjalankan bauran tersebut melalui instagram dengan memanfaatkan fitur-fitur instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana “komunikasi pemasaran akun @widya.analytic dalam melakukan promosi produk jasa big data analytic melalui instagram”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, informan dalam peneltian ini adalah Human Resource Widya Analytic, Kepala Marketing, dan Konsumen Jasa Widya Analytic. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis interaktif dengan tahap : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber data. Komunikasi pemasaran dalam penelitian ini terdiri dari marketing mix yaitu advertising, sales promotion, personal selling, direct marketing, public relations. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran menggunakan sosial media instagram sudah sesuai dengan cara mempromosikannya seperti Widya Analytic dalam mengunggah setiap harikegiatan yang sedang mereka lakukan, paid promote, menggandeng brand ambassador, menjalankan seminar, penawaran khusus, dan memberikan konten video yang edukatif dan dapat menarik calon konsumen.

Oleh Ainun Zunairoh Maulinda

Berita Terbaru