Buku

PPKn Materi Kuliah di Perguruan Tinggi Islam

Reformasi muncul di negara kita sebagai upaya untuk mengoreksi kelemahan masa lalu dan melakukan upaya perbaikan untuk masa kini dan mendatang dalam berbagai sektor kehidupan. Buku ini membahas pokok pembelajaran pendidikan pancasila kewarganegaraan yaitu pancasila, demokrasi, HAM dan masyarakat madani yang juga berkaitan dengan perubahan fundamental di negara kita. Buku ini menjadi penting untuk dimiliki dalam kerangka nation and character building sehingga mengembangkan disiplin keilmuan yang sedang digeluti, dengan memiliki disiplin, tanggung jawab dan moral yang tinggi. Pembahasan materi dalam buku ini terbagi kedalam 13 bab, meliputi:  Mengenal Indonesia; Pancasila dan implementasinya dalam dimensi kehidupan; Identitas nasional; Negara; Kewarganegaraan; Agama dan Negara; Ideologi; Konstitusi; Demokrasi; Hak Asasi Manusia; Masyarakat Madani; Kebebasan berpendapat di muka umum; Korupsi dan penegakan hukum. //ir

Oleh Muchtar Ghazali

Komunikasi Pembelajaran

Buku ini membahas tentang pembelajaran yang dapat menjadi bahan sharing bagi para guru (guru provisi atau guru pemula) mengenai apa dan bagaimana mengembangkan pembelajaran. Pada buku ini secara berturut-turut disajikan konsep dasar pembelajaran, guru dan pembelajaran, mempersiapkan pembelajaran, menyajikan pembelajaran, mengelola pembelajaran, dan menilai pembelajaran. Sejumlah variabel dalam pendidikan seperti Administrasi, Kurikulum, Instruksional (Pembelajaran), Konseling, dan Evaluasi bisa dikaji dalam buku ini. Demikian pula dengan variabel dalam pembelajaran (instruksional) yang menjadi fokus kajian buku ini. Dalam buku ini tergambarkan bahwa pembelajaran (instruksional) menjadi bagian integral dari pendidikan, dan bahkan menjadi sentral untuk pengejawantahan pendidikan yang harus direncanakan (design) dan dikembangkan (development). Pembelajaran atau instruksional adalah suatu konsepsi dari dua dimensi kegiatan (belajar dan mengajar) yang harus direncanakan dan diaktualisasikan, serta diarahkan pada pencapaian tujuan atau penguasaan sejumlah kompetensi dan indikatornya sebagai gambaran hasil belajar. //ir

Oleh Deni Darmawan

Dinamika Riset Kualitatif : Diskusi Praktis & Contoh Penerapannya

Buku ini hadir sebagai salah satu rujukan bagi para peneliti pemula yang ingin mengenal tentang bagaimana merumuskan proposal, melaksanakan penelitian, dan membuat laporan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Secara singkat diuraikan solusi dan contoh bagaimana penelitian dengan pendekatan kualitatif ini diuraikan pada buku sederhana ini. Melalui buku ini  penulis memberikan sharing pengalaman tentang bagaimana mengenal dan menyiasati penuntasan penelitian-penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Beberapa pembahasan dalam buku ini sangat penting bagi para peneliti profesional, dosen, mahasiswa sebagai referensi “unik”, mengingat yang diuraikan dalam buku ini lebih menekankan pada aspek diskusi, sharing pengalaman penelitian, khusus dengan pendekatan kualitatif. Buku ini bukan untuk memberikan acuan dalam tahapan melakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif, tetapi lebih kepada diskusi dalam menemukan jawaban-jawaban atas keraguan dan kebuntuan dalam melaksanakannya. //ir

Oleh Deni Darmawan

Penyusunan Standar Pelayanan Publik

Pelayanan publik yang dilakukan oleh aparatur pemerintah ternyata saat ini masih belum memenuhi harapan masyarakat. Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah perlunya standar pelayanan publik. Standar ini merupakan tolok ukur penyelenggaraan pelayanan bagi pelaksana dan pengguna layanan. Komponen ini kemudian bisa menjadi acuan untuk mengukur efektivitas pelayanan dan menakar kepuasan pengguna layanan saat mengakses layanan di unit pelayanan publik. Buku ini fokus pada bagaimana penyusunan standar pelayanan publik. Memuat tujuh bab pembahasan, meliputi: Pentingnya standar pelayanan publik; Prinsip standar pelayanan publik; Partisipasi masyarakat dalam penyusunan, penetapan, dan penerapan standar pelayanan publik; Penyusunan, penetapan, dan penerapan standar pelayanan publik; Evaluasi pelaksanaan standar pelayanan publik; Standar pelayanan minimal (SPM) dalam pelayanan publik; Sistem operasional prosedur (SOP) dalam pelayanan publik. //ir

Oleh Dadang Suwanda

Mal Pelayanan Publik Percepatan Peningkatan Kualitas Inovasi Layanan Masyarakat

Mal Pelayanan Publik (MPP), dinilai sebagai langkah pembaharuan bagi sistem pelayanan publik di Indonesia. MPP dianggap lebih progresif dan akomodatif memadukan pelayanan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN/BUMD dan pihak swasta dalam satu gedung. MPP merupakan suatu perjalanan pembaruan sekaligus suatu langkah strategis sebagai bentuk perbaikan dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Buku ini memuat sepuluh bab pembahasan, meliput: Tinjauan Pelayanan Publik; Konsep Pelayanan Publik; Peningkatan Pelayanan Publik; Inovasi Pelayanan Publik; Pelayanan Publik yang Terintegrasi; Peningkatat Pelayanan Publik dengan Mal Pelayanan Publik; Tahapan Pembentukan Mal pelayanan Publik; Konsep Pelayanan Publik Azerbaijani Service and Assessment Network (ASAN) Azerbaijan; Konsep Pelayanan Public Service Hall (PSH) Georgian; Perkembangan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Indonesia. //ir

Oleh Dadang Suwanda

Berita Terbaru