Buku

Pemrograman Game Adventure Platformer "Borobudur Legacy"

Candi Borobudur merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang diakui oleh UNESCO. Setiap penerus bangsa perlu mempelajari informasi dari relief candi untuk melestarikan warisan budaya, termasuk relief dari Candi Borobudur. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui atau ingin mencari tahu tentang maksud dari relief-relief itu. Hal ini bisa dibuatkan alternatif solusi dengan penggunaan teknologi, khususnya game. Belum ada artikel yang membahas tentang pemrograman game tentang relief candi Borobudur, padahal dapat menjadi referensi yang sangat penting dalam pengembangan game. Skripsi ini melakukan hal tersebut, khususnya pada Game “Borobudur Legacy”, dalam 3 tahap: praproduksi, produksi, dan pasca produksi. Pada tahap praproduksi – bersama dengan game designer – dilakukan riset dan analisis data untuk mengetahui pentingnya game ini dibuat, mengkaji teori-teori yang berhubungan dalam pembuatan game, dan mendiskusikan konsep game. Pada tahap produksi, programmer meng-import aset-aset ke dalam game engine untuk selanjutnya dilakukan pemrograman. Pemrograman pada game ini menggunakan metode looping function. Software yang digunakan adalah Unity Game Engine dan Visual Studio. Tahap pasca produksi meliputi editing, mixing, program, testing, revisi, hingga publish. Game ini bergenre adventure platformer, membawakan latar belakang Candi Borobudur dari segi visual dan cerita, serta memiliki 3 stage. Karakternya merupakan seorang arkeolog. Pemain diminta untuk mengumpulkan 4 potongan relief dan setelah keempat potongan ini terkumpul, tampil 1 relief yang utuh beserta deskripsi dari relief tersebut. Terdapat 22 file program untuk membuat game ini selesai dan dapat dimainkan. Suasana di dalam gua dibuat dengan dukungan efek pencahayaan. Game “Borobudur Legacy” dapat dimainkan dengan baik dan memberikan edukasi mengenai relief di Candi Borobudur. //ir

Oleh Abdullah

Perancangan Gamifikasi Tindakan Peringatan Dini Banjir Menggunakan Permainan "Cikeas-Cileungsi Overflow" pada Komunitas KP2C

Peran sistem peringatan dini oleh Komunitas KP2C dalam memberikan informasi bencana banjir yang kerap terjadi di daerah aliran sungai Cileungsi-Cikeas sangat membantu masyarakat dalam mengurangi dampak dari bencana banjir yang tidak terhindarkan. Penciptaan permainan “Cikeas-Cileungsi Overflow” bertujuan untuk mengenalkan pengetahuan tentang tindakan yang berkaitan dengan peringatan dini banjir ke masyarakat luas dengan lebih efektif dan menyenangkan. Dengan menggunakan metode gamifikasi, kegiatan nyata yang dilakukan KP2C seperti berinteraksi dengan warga melalui media sosial, mengawasi kondisi hulu sungai, sampai memberikan peringatan bencana, dapat ditampilkan dalam bentuk yang lebih sederhana menjadi sebuah permainan edukasi. Proses penciptaan permainan dilakukan dengan melakukan riset terhadap macam kegiatan KP2C dalam menjadi sebuah instrumen peringatan dini dan kemudian mengubah data tersebut menjadi sebuah mekanik permainan. Melalui hasil testing game, 93,4% responden menyebutkan gameplay yang ditampilkan di dalam game “Cikeas-Cileungsi Overflow” sudah cukup menarik dan 90% responden menyatakan pemahaman tentang konsep sistem peringatan dini banjir sudah tersampaikan dengan baik. Masih terdapat beberapa aspek yang perlu dikembangkan kedepannya dari game “Cikeas Cileungsi Overflow” khusunya pada mekanisme leaderboard yang masih memiliki kendala dan lanjutan pengembangan ke platform Android. //ir

Oleh Christoffel

Game Kasual 2D Arwana Frenzy

Salah satu potensi sumber daya alam hayati Indonesia adalah keberadaan Siluk Merah atau Arwana Super Red (Scleropages formasus) yang terancam punah pada Kawasan habitat aslinya di Daerah Aliran Sungai Kapuas dan Danau Sentarum, Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat. Sehubungan keberadaan ikan tersebut, dipandang perlu mengangkat dan mengenalkan karakternya melalui pembuatan Tugas Akhir dengan rumusan, bagaimana penciptaan gameplay, level design, karakter, environment pada game Arwana Frenzy?. Pembuatan game ditujukan sebagai media penyebarluasan informasi terkait keberadaan sekaligus memperkenalkan cara hidup satwa Endemik ini dengan menggunakan media game yang interaktif, mudah dan menyenangkan. 2D casual game genre, dimana pengguna melakukan interaksi pemain pada peranti yang menampilan visual permainan dengan gameplay serta kontrol sederhana, mudah melalui antarmuka pengguna melalui gawai cerdas yang umumnya merupakan ponsel pintar. Pada game Arwana Frenzy memiliki gameplay serta kontrol permainan yang sederhana dan mudah dalam memainkannya. Arwana sendirisebagai dasar penciptaanpada game kasual ini, disajikan dalambentuk 2D dengan style art cartoon. Perancangan Game Arwana Frenzy menghasilkan sebuah gameplay yang simpel dan menarik, dengan level design yang terdiri dari 3 level, dengan satu karakter utama ikan Arwana yang di design dan di deformasi menjadi karakter 2D serta obstacle berupa karakter buaya. Perancangan environment digambarkan berada dibawah permukaan air dalam bentuk 2D yang menggambarkan bawah air Sungai Kapuas dan Danau Sentarum. //ir

Oleh Pinantun Wiguna Kusuma Paksi

Perancangan Game Trivia Quiz "Edutep: Bank Soal SPM Kelas VII" Sebagai Media Edukasi

Pembelajaran di Kelas VII saat ini sangat tidak efektif, siswa tidak mendapat bimbingan langsung dari guru, kurang memahami materi yang diberikan oleh guru, dan malas dalam mengerjakan tugas yang sudah diberikan. Perlu diciptakan media permainan atau game digital Android yang tidak membosankan, tidak membingungkan, bernuansa ceria, sesuai dengan taste siswa/siswi SMP kelas VII, sehingga siswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Penciptaan ini membuat game tersebut, diberi nama “EDUTEP: BANK SOAL SMP KELAS VII”, dan dibuat sehingga memiliki genre trivia game dengan nuansa 2D Quiz Game. Pemain dapat bermain sambil belajar ketika memainkan game Edutep. Melalui 3 tahap penciptaan yaitu praproduksi, produksi, dan pasca produksi, game Edutep menyajikan visual user interface yang bernuansa fun, tempo dari background music, dan sound effect yang sesuai dengan user interface agar pemain tidak merasa bosan. Karakternya ada 3 dan muncul sebagai pop up atau ikon dari game, yaitu ibu guru, siswa SMP, dan siswi SMP. Background-nya seperti di dalam kelas. Game ini mencakup 5 mata pelajaran, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dan IPS. Pada setiap mata pelajaran tersebut terdapat 2 pilihan semester, yakni semester 1 dan 2. Pemain harus menjawab soal-soal yang ada. Pergerakan dari program game dan soal yang variatif membuat pemain senang memainkan game bergenre edukasi. //ir

Oleh Sinaga, Muhammad Farhan

Game "Mus-Cat-Eer" Sebagai Media Pengenalan Bela Diri Anggar

Anggar adalah bela diri kemiliteran yang saat ini dikenal sebagai salah satu olahraga yang di olimpiade-kan. Namun, saat ini hanya sedikit yang mengenal tentang anggar, di Indonesia anggar memiliki organisasi legal yang bernama Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) yang telah berdiri sejak 15 Oktober 1951 di Bandung. Dalam upaya memperkenalkan olahraga anggar ke masyarakat, penulis membuat sebuah game yang bernama “MUS-CAT-EER” sebagai sebuah media untuk memperkenalkan anggar dengan membuat game bertemakan olahraga anggar dengan genre fighting 2 Dimensi. Pada hasil kuisioner yang sudah dilakukan oleh 30 pemain sebanyak 36,7% atau pemain sudah mengenal anggar dan sebanyak 63.3% atau 19 pemain belum mengetahui anggar, lalu survey sebanyak 30% atau 9 pemain tertarik untuk mencoba olahraga anggar. //ir

Oleh Muhammad Rakryan Abiyasa

Berita Terbaru