Buku Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Edisi Revisi karya Prof. deddy Mulyana ini melukiskan segudang pengetahuan dan pengalamannya, menunjukkan kapasitasnya sebagai ilmuwan bertaraf internasional. Ia telah melakukan terobosan baru dalam penulisan buku teks ilmu sosial, khususnya ilmu komunikasi di Indonesia. Buku ini mengajak pembaca untuk memahami ilmu komunikasi sebagai hal yang fundamental d…
Judul Asli: Kitab al-Qiyas & Al-Mantiq fi al-Khithabah Di era media social sekarang, semua orang bisa dengan bebas bicara apa saja. Tidak heran jika banyak orang yang ucapannya ngawur, sangat tidak logis dan tertata. Namun demikian, di sisi lain banyak juga yang kesulitan dalam menyampaikan gagasan yang ada dalam kepalanya melalui tutur kata. Buku ini hadir untuk mengatasinya. Logika komunik…
Buku ini telah menjadi acuan para mahasiswa dari berbagai pendidikan Ilmu Komunikasi dan juga pendidikan Ilmu Sosial di Indonesia. Ulasannya fokus, ringkas dengan bahasa yang ringan sehingga mudah dimengerti. Dalam buku ini, komunikasi digambarkan sebagai suatu kebutuhan yang mutlak dalam kehidupan manusia. Melalui komunikasi yang baik akan memudahkan seseorang untuk mendapatkan sahabat, mitra …
Komunikasi adalah proses pengiriman atau penyampaian berita atau informasi dari satu pihak kepihak lain dalam usaha untuk mendapatkan saling pengertian. Komunikasi yang efektif dapat terjalin dengan baik apabila kedua belah pihak saling mengakui kekurangan dan kelebihan orang lain serta mengerti kelemahan orang lain. Dengan komunikasi yang efektif, hubungan antar individu akan berkembang menjad…
Pandemi COVID-19 benar-benar telah mengubah cetak biru praktik komunikasi. Seminar yang biasanya dilakukan secara luring, tiba-tiba menjadi daring. dalam komunikasi interpersonal, kita tidak bisa lagi berada di jarak yang dekat. Jarak sosial yang menjadi metode pencegahan penyebaran virus COVID-19 menjadikan kita harus menjaga jarak. Kerumunan yang menjadi fenomena dalam komunikasi kelompok jug…
“Muatan yang tertera dalam buku ini memberi peluang kepada wartawan dan masyarakat umum untuk mengerti, merasakan, dan melaksanakan cara menulis yang baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik”. (Panitera Harian Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa Yogyakarta). Zaman telah bergerak, demikian pun dengan perkembangan media massa yang semakin mengemuka saat ini. Siapapun berlomba me…
Sejumlah studi ilmiah menunjukkan suatu bisnis dapat memiliki daya saing yang berkelanjutan (substainable competitive advantage) jika mampu mengelola asset-aset tangible dan asset-aset intangible-nya, yaitu brand equity, corporate reputation, serta pengelolaan hubungan dengan pelanggan/audience. Dengan memandang suatu media televisi berita sebagai suatu “brand”, maka aspek-aspek yang terkai…
Dalam film, selain sinematografi yang bersifat teknis, aspek lain yang tidak kalah menarik adalah pesan yang disampaikan. Film merupakan gejala komunikasi massa. Sebagai media komunikasi massa, film memiliki tujuan penting yakni menyampaikan sesuatu. Karena itu, mempelajari film tidak cukup hanya dengan melhat artistik sinematografinya. Segi sosial, moral, dan gender dari sebuah film, sebagaima…
Secara garis besar, dari berbagai artikel yang ada dalam buku ini bisa dikelompokkan dalam dua isu utama terkait media konvensional dan media baru. Dalam kaitannya dengan media konvensional berbagai artikel yang ada mencoba menunjukkan tantangan dan peluang yang bisa dilakukan oleh media konvensional dengan adanya teknologi terbaru. Adaptasi melalui konvergensi dengan berbagai platform media ba…